Penilaian Adiwiyata Mandiri Nasional Tahun 2013 di Provinsi Gorontalo

Penilaian Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen Masyarakat yang bertujuan meningkatkan Knowledge and attitude sekaligus mampu To Improvement and supporting of sustainable development.

Dalam meningkatkan peran warga sekolah untuk perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup, maka BALIHRISTI Provinsi Gorontalo sejak tahun 2008 telah melaksanakan kegiatan yakni Model Sekolah Peduli dan berbudaya Lingkungan Hidup (ADIWIYATA).

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun 2008 telah melaksanakan pembinaan terhadap kurang lebih 60 sekolah yakni SD,SMP,SMU/SMK se Provinsi Gorontalo dan berhasil mendapatkan 10 sekolah calon model adiwiyata se Provinsi Gorontalo dan 1 sekolah (SMK 1 Kota Gorontalo sebagai sekolah calon Model Adiwiyata Nasional).

Kegiatan Evaluasi Provil Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2013 dilakukan bertujuan untuk :

  1. Mewujudkan Kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya Lingkungan bagi sekolah di Provinsi Gorontalo.
  2. Mendorong sekolah Adiwiyata Kabupaten, Provinsi Tahun 2013 Menjadi sekolah Adiwiyata Nasional 2013
  3. Pencapaian target sekolah Nasional di Provinsi

Tim Penilaian sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional Tahun 2013 melakukan penilaian sekolah-sekolah di Provinsi Gorontalo yang terdiri dari :

  1. SDN 2 Kabila (Kab. Bone Bolango)
  2. SDN 6 Kabila (Kab. Bone Bolango)
  3. SMPTapa   (Kab.Bone Bolangooto)
  4. SMP 1 Limb (Kab.Gorontalo)

Tim Penilai Adiwiyata mandiri Nasional terdiri dari unsur-unsur Kementrian Lingkungan Hidup (Bapak Sasmita) dan Kementrian Agama (Bapak Jamaludin) dan di dampingi dari Balihristi Provinsi Gorontalo KABID Pengelolaan Lingkungan Ir.Rugaya Biki,M.Si bersama Staf,serta BLH Kabupaten.

Adapun Kriterian yang akan dinilai yaitu:

  1. Kebijakan sekolah yang berwawasan Lingkungan.
  2. Kebijakan kurikulum yan berwawasan Lingkungan.
  3. Partisipasi sekolah terhadap wawasan Lingkungan.
  4. Kebijakan sekolah mengenai sarana dan prasana yang berwawasan Lingkungan.

Penilaian dilakukan Mulai Tanggal 29 April - Tanggal 3 Mei 2013. Hasil penilaian tersebut nantinya akan di Umumkan pada tanggal 5 Juni 2013